Hemat BBM: 5 Faktor Penting yang Pengaruhi Konsumsi Bahan Bakar Mobil

1 month ago


Bagi para pecinta otomotif, khususnya pemilik mobil, konsumsi bahan bakar (BBM) menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan.

Mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi BBM dapat membantu Anda menghemat pengeluaran dan menjaga performa mobil.

Berikut 5 faktor penting yang perlu Anda perhatikan, dikutip dari Suzuki:

Ilustrasi bensin. (Freepik)Ilustrasi bensin. (Freepik)

1. Tekanan Ban

Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan spesifikasi mobil. Ban dengan tekanan angin yang kurang akan meningkatkan gesekan dengan jalan, sehingga membutuhkan tenaga mesin lebih besar dan meningkatkan konsumsi BBM.

2. Penggunaan AC

Penggunaan AC mobil yang berlebihan dapat meningkatkan konsumsi BBM. Matikan AC saat tidak diperlukan, atur suhu AC secukupnya, dan manfaatkan ventilasi alami untuk membantu mendinginkan kabin.

3. Filter Udara

Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara ke mesin, sehingga mesin bekerja lebih keras dan meningkatkan konsumsi BBM. Periksa dan bersihkan filter udara secara berkala.

4. Beban Kendaraan

Membawa beban berlebihan akan memperberat kerja mesin dan meningkatkan konsumsi BBM. Hindari membawa barang yang tidak perlu dan pertimbangkan penggunaan roof rack untuk memaksimalkan ruang penyimpanan.

5. Servis Berkala

Melakukan servis berkala di bengkel resmi dapat membantu menjaga performa mesin dan memastikan semua komponen bekerja dengan baik. Hal ini dapat membantu mengoptimalkan konsumsi BBM.

Tips Bonus

  • Hindari kebiasaan mengemudi yang agresif seperti akselerasi dan pengereman mendadak.
  • Gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin.
  • Lakukan pengecekan rutin pada sistem bahan bakar mobil.

Dengan memperhatikan faktor-faktor di atas dan menerapkan tips-tips yang diberikan, Anda dapat menghemat konsumsi BBM mobil Anda dan meningkatkan efisiensi dalam berkendara.


Halaman berikutnya >>


Beranda | Jual-Beli | Komunitas

Cek Fakta