Dagangan Lamborghini Kini Laku Puluhan Ribu Unit, padahal Dulu Cuma Bisa Jual Ratusan

2 months ago


25 tahun yang lalu sebelum Audi mengambil alih, menurut Carscoops, Lamborghini hanya bisa menjual beberapa ratus unit per tahun.

Pada saat itu, Lamborghini hanya memiliki satu mobil, yaitu Diablo, dalam jajaran produknya.

Bahkan jika kita melihat ke belakang hanya satu dekade dari sekarang, ketika memiliki dua lini model, produksinya hanya naik menjadi beberapa ribu unit.

Namun, tahun lalu, pabrikan mobil sport asal Italia ini berhasil membuat lima kali lipat dari jumlah tersebut.

Pada tahun 2023, Lamborghini memproduksi total 10.112 kendaraan, menandai pertama kalinya dalam 60 tahun sejarah perusahaan, produksi melebihi 10.000 unit.

Ini merupakan peningkatan 10% dari tahun sebelumnya. SUV Urus adalah model yang paling populer, meskipun merupakan model lama.

Lamborghini Urus. (shutterstock)Lamborghini Urus. (shutterstock)

Lamborghini mengirimkan 6.087 Urus dan 3.962 kendaraan Huracan pada tahun sebelumnya. Huracan akan digantikan oleh supercar junior hybrid baru tahun ini.

Aventador sedang dihentikan secara bertahap, dan hanya 12 yang terjual, bersama dengan 51 mobil spesial seperti Countach.

Oleh karena itu, mobil V12 hanya menyumbang sebagian kecil dari keseluruhan produksi. Total produksi dapat melebihi 13.000 unit dalam dekade ini dengan Reveulto, penerus Huracan, Urus facelift dan hibrida, dan EV yang akan datang.

Wilayah EMEA merupakan wilayah yang paling banyak mengkonsumsi Lambo, dengan pengiriman naik 14 persen menjadi 3.987 unit, diikuti oleh Amerika dengan 3.465 unit (naik 9 persen).


Halaman berikutnya >>


Beranda | Jual-Beli | Komunitas

Cek Fakta