7 Cara Mengatasi Penyimpanan Laptop Penuh

1 month ago


Simak 7 cara mengatasi penyimpanan laptop yang penuh. Cara ini bisa membantu Anda yang memiliki masalah penyimpanan laptop.

Tak dapat dipungkiri bahwa salah satu yang yang paling menjengkelkan adalah penyimpanan penuh, apalagi jika itu adalah laptop. Sebagai perangkat yang digunakan untuk bekerja atau kuliah, laptop harusnya memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan dokumen penting.

Namun ada kalanya, penyimpanan laptop penuh sehingga membuat pemiliknya kebingungan bagaimana cara menyimpan file penting di perangkatnya tersebut.

Untuk Anda yang saat ini sedang mengalami masalah dengan penyimpanan laptop yang penuh, maka Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya.

Berikut adalah 7 cara mengatasi penyimpanan laptop yang penuh:

1. Uninstall aplikasi dan program yang tidak diperlukan

Hanya karena Anda tidak secara aktif menggunakan aplikasi lama bukan berarti aplikasi tersebut tidak lagi ada di perangkat Anda. Terkadang, keberadaan aplikasi ini mengambil banyak ruang penyimpanan.

Kendalikan ruang penyimpanan Anda dengan menghapus aplikasi tidak terpakai yang menghabiskan ruang. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Klik tombol "Mulai" dari desktop Anda.
  • Pilih “Aplikasi.”
  • Kemudian pilih “Aplikasi dan Fitur.”
  • Urutkan berdasarkan ukuran untuk melihat program mana yang menghabiskan paling banyak ruang.
  • Singkirkan semua yang tidak Anda gunakan dengan memilih program dan mengklik “Copot pemasangan.”

2. Jangan malas membersihkan desktop

Banyak dari kita menyimpan semuanya di desktop secara default. Tapi nyatanya, hal ini hanya akan membuat Anda kehabisan ruang penyimpanan di kemudian hari.

Memiliki banyak desktop yang berantakan dapat memperlambat komputer Anda karena file-file ini menghabiskan memori operasi untuk ditampilkan sepanjang waktu.

Mulai dari sekarang, Anda mulai bisa mempertimbangkan untuk menghapus file di desktop yang sudah tak lagi digunakan.

3. Hapus file "monster"

Kebanyakan komputer sangat efisien dalam menyimpan data, namun beberapa jenis file dapat menyedot penyimpanan yang tidak dapat Anda simpan.

File inilah yang disebut dengan file monster. Agar Anda mendapatkan ruang penyimpanan yang cukup, Anda bisa menghapus file monster ini dari perangkat Anda. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka Windows Explorer (Penjelajah File).
  • Pilih “This PC.”
  • Ketik "ukuran" ke dalam kotak pencarian di sudut kanan atas.
  • Anda akan dapat memilih di antara beberapa kategori ukuran file, mulai dari “Kosong” hingga “Raksasa.”
  • Mulailah dengan file terbesar, periksa apakah itu yang Anda perlukan.
  • Jika tidak, pindahkan ke tempat sampah Anda dan bebaskan PC Anda dari beban tersebut.
  • Lakukan ini dengan semua ukuran file yang lebih besar sampai Anda mendapatkan ruang hard drive Anda ke tingkat yang wajar.

4.Kosongkan Recycle Bin Windows

Jangan abaikan recycle bin, yang biasanya digunakan untuk menampung cukup banyak file terbengkalai. Tempat sampah yang penuh sesak dituduh menghabiskan sebagian ruang disk sampai Anda mengosongkannya.

Anda bisa mengosongkan recycle bin dengan cara sebagai berikut:

  • Temukan ikon recycle bin, klik kanan padanya dan pilih "Open".
  • Tekan Ctrl + F1 untuk memperluas pita Recycle Bin Tools, dan pilih opsi pertama, "Empty Recycle Bin".

5. Gunakan Alat Pembersihan Disk

Utilitas praktis ini hadir sebagai standar di PC Windows 10 dan merupakan solusi sekali klik untuk menghapus file sistem operasi yang tidak diperlukan. Windows dapat mengenalinya untuk Anda dan menghapus yang tidak lagi diperlukan.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Luncurkan Disk Cleanup dengan menanyakan Cortana atau memilihnya dari kotak pencarian Anda.
  • Pilih “Drive: C” untuk melakukan tugas, yang memerlukan waktu beberapa menit untuk diselesaikan - atau lebih lama jika ini adalah kali pertama Anda.

6. Hapus File Download

Bagi siapa pun yang ingin mengetahui cara mengosongkan ruang pada hard drive laptop, salah satu cara paling sederhana adalah dengan menangani daftar besar unduhan yang mungkin Anda miliki di perangkat Anda.

Banyak dari kita telah mengunduh video, file musik, foto, dan dokumen PDF yang mungkin kita perlukan atau tidak lagi diperlukan. Namun, beberapa unduhan penting, jadi luangkan waktu untuk mencari di folder unduhan Anda dan menghapusnya jika sudah tak lagi diperlukan.

7. Simpan ke cloud

Terakhir, mungkin ada saatnya Anda tidak dapat menyimpan semua yang Anda inginkan di desktop atau laptop Anda.

Inilah salah satu alasan mengapa para ahli menyarankan agar Anda secara teratur mencadangkan file-file penting ke layanan penyimpanan cloud pilihan Anda.

Dengan menyimpan berbagai file di cloud, maka Anda tak akan kebingungan dengan penyimpanan laptop yang penuh di kemudian hari.

Itulah beberapa cara mengatasi penyimpanan laptop penuh yang bisa Anda coba. Semoga informasi tentang cara mengatasi penyimpanan laptop penuh ini bermanfaat!


Halaman berikutnya >>


Beranda | Jual-Beli | Komunitas

Cek Fakta